Sejarah Sepatu

We Blog Indonesia ~ Sepatu adalah alas kaki yang digunakan untuk melindungi kaki supaya tidak cidera karena kondisi lingkungan seperti permukaan tanah yang berbatu-batu, berair, kasar maupun permukaan bergelombang.

Sepatu Yang digunakan saat ini biasanya terbuat dari kayu, plastik, karet, tekstil, dan bahan-bahan lainnya. Penggunaan bahan-bahan tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada si pemakai.

Semua orang tentu mengenal yang namanya sepatu. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, orang tua, orang kelas bawah, bahkan sampai orang kelas atas. Tapi apakah kalian tahu sejarahnya?. Berikut ini adalah sejarahnya.

Sejarah :

Pada abad IV, sepatu yang dihias dengan indah banyak ditemukan di Bizantium. Model sepatu dengan ujung panjang muncul di akhir abad IV sampai abad XV. Pada abad XV di Dinasti Tudor di inggris, Sepatu digunakan untuk menandakan status sosial seseorang.

Pada abad XVII lahir model sepatu berhak tinggi dengan pita. Tahun 1660 Louis XIV, raja Prancis yang terkenal suka kemewahan dan keindahan, mendapat hadiah sepasang sepatu berhak tinggi dengan pita sepanjang 40 cm. Tetapi haknya dibuat melengkung untuk disesuaikan dengan tubuh Louis yang pendek. Meski tak praktis dan membuat pemakainya bisa tersandung, model itu sangat disukai raja dan kerabatnya.

Pada abad XVIII sepatu mencapai puncak kecentilannya. Ada yang dihiasi kain brokat, atau kulit anak kambing yang lembut, entah dibordir atau dihiasi manik-manik. Ujungnya runcing, haknya tinggi melengkung. Bahkan ada yang dihiasi gesper bertatahkan berlian.

Pada abad XIX, fungsi mempengaruhi bentuk alas kaki, di mana dibuat mendekati bentuk kaki dan disesuaikan dengan aktivitas pemakai. Aspek kesederhanaan menjadi pertimbangan sehingga terjadi reduksi pernik dan dibuat massal. 

Dan pada masa kini perkembangan pengetahuan yang begitu pesat menyentuh pula bidang pembuatan sepatu. Proses rancang-merancang dilakukan dengan bantuan komputer, sedangkan sinar laser digunakan untuk memotong bahan dengan cepat dan tepat.  

Related Posts:

4 Responses to "Sejarah Sepatu"

  1. Silahkan komentar yang relevan :)

    ReplyDelete
  2. Walah Ternyata Sepatu Punya Sejarah Yang Menarik :D
    Makasih Gan Info Nya :D

    ReplyDelete
  3. wah,,jadi tau gue sejarahnya sepatu,,
    sepatu juga punya sejarah,,

    ReplyDelete

Himbauan dalam berkomentar :
1. Dilarang menyampah di komentar
2. Harus menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar
3. Harap memberikan pendapat suka, kritik, saran atau komentar
4. Diperbolehkan memasang link, tetapi dilarang memasang link porno, virus, phising atau spam

Jadilah komentator yang beradab
Terima kasih....