Air Putih, Minuman Untuk Menghilangkan Dehidrasi

Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi tubuh. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Hal yang akan terjadi adalah orang tersebut akan terkena Dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Dehidarasi terjadi karena orang tersebut kekurangan natrium dan air. Oleh karena itu, dengan memjnum air putih dapat membantu menghilangkan dehidrasi.

Haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air. Presentase terebut tergantung dari ukuran badan seseorang. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai dua liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban , dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air putih, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari. namun hasil penelitian yang
diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih
banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan berolahraga atau pada cuaca yang panas. Minum air putih memang menyehatkan, tetapi kalau berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Untuk itu jagalah kesehatan anda dengan meminum air putih. Jangan sampai tubuh anda kekurangan cairan karena dehidrasi.

Jangan Lupa baca artikel mengenai SUN Indonesia di Membuka Usaha Percetakan Dengan SUN Indonesia

Related Posts:

0 Response to "Air Putih, Minuman Untuk Menghilangkan Dehidrasi"

Post a Comment

Himbauan dalam berkomentar :
1. Dilarang menyampah di komentar
2. Harus menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar
3. Harap memberikan pendapat suka, kritik, saran atau komentar
4. Diperbolehkan memasang link, tetapi dilarang memasang link porno, virus, phising atau spam

Jadilah komentator yang beradab
Terima kasih....