Trik Untuk Menghafal Dengan Baik

We Blog Indonesia — Siapakah yang masih belum kenal dengan hafalan? Setiap orang pasti kenal dengan yang namanya hafalan ini. Hafalan sering sekali dijadikan sebuah momok menakutkan bagi setiap orang. Tetapi dalam kenyataannya hafalan ini sangat penting peranannya dalam suatu pembelajaran. Hafalan juga dapat menambah daya ingat kita supaya menjadi lebih baik.

Lalu apakah anda mempunyai masalah dengan hafalan? Anda kesulitan dengan hafalan? Dan anda ingin dapat menghafal dengan baik. Dengan adanya ini, diharapkan kalian bisa menjadi lebih mudah untuk menghafal sesuatu. Berikut ini adalah tips-tips supaya dapat menghafal dengan baik:

1. Membaca Berulang-ulang
Metode ini dilakukan dengan cara membaca secara berulang-ulang materi yang dihafalkan sekitar 20 - 30 kali sampai kita menghafalnya.Metode ini bisa dibilang merupakan suatu metode yang efektif, karena apa? Karena metode ini mempunyai keuntungan yaitu kita bisa menghafal setiap kata perkata tanpa kesalahan. Jadi kita tak perlu khawatir hafalan kita salah.

2. Buatlah percakapan dengan diri sendiri atau dengan teman
Metode ini dilakukan dengan cara kita membuat suatu percakapan dengan diri sendiri atau teman kita. Metode ini bisa dibilang cukup efektif juga, karena dengan metode ini kita tidak memerlukan tenaga ekstra untuk menghafal.

Sebagai contoh adalah percakapan tentang menghafal urutan planet.

A : bro mau tanya nih?
B : Tanya apaan?
A : Urutan nama planet itu apa aja?
B : Yang pertama itu Merkurius, Terus Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
A : oh, coba ini bener gak? Yang pertama itu Merkurius, Terus Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus
B : nah itu udah bener

Nah, dengan metode ini, kita dengan sendirinya bisa menghafal dengan cepat juga efektif tanpa mengeluarkan banyak tenaga untuk menghafal.

3. Membaca, Menulis, lalu hafalkan
Metode ini dilakukan dengan cara seperti kita mengerjakan soal-soal biasa. Yaitu kita menjawab soal-soal. Kemudian membaca buku untuk menjawab soal. kemudian kita menulis jawabannya. Dan TaDa.... kita hafal dengan sendirinya.

4. Membuat lagu
Metode ini dilakukan dengan cara kita membuat lagu-lagu berdasarkan kemauan kita. Boleh itu lagu asal-asalan, lagu pop, dangdut, jazz, terserah kemauan kita. Kita bebas untuk mengekspresikan hafalan kita sesuai lagu yang kita inginkan. Tetapi, pastikan lagu yang dipilih merupakan lagu yang kamu sukai dan kamu hafal.

Related Posts:

0 Response to "Trik Untuk Menghafal Dengan Baik "

Post a Comment

Himbauan dalam berkomentar :
1. Dilarang menyampah di komentar
2. Harus menjaga etika dan kesopanan dalam berkomentar
3. Harap memberikan pendapat suka, kritik, saran atau komentar
4. Diperbolehkan memasang link, tetapi dilarang memasang link porno, virus, phising atau spam

Jadilah komentator yang beradab
Terima kasih....